Daftar Blog Saya

Jumat, 01 Juni 2012

PERBAIKAN PERIPHERAL

3. Peripheral Proses

d. CD-Rom



CD-ROM adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. Optical Devices adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan alat baca/tulis berupa optik.  Media penyimpanannya berupa piringan CD/ DVD.  Biasanya interface datanya melalui kabel IDE, namun ada juga yang sudah dikonversi menjadi USB pada external optical drive. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW. CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk.


1. Kerusakan Pada CDROM/ RW, DVDROM/ RW : Tidak terdeteksi


a. Periksa kabel data apakah pemasangannya sudah benar? Jangan lupa kabel dengan ujung yang berwarna merah, periksa kabel data biasanya ada yang putus. Untuk lebih yakin gunakan kabel data yang baru.

b. Periksa Jumper, apakah berada diposisi master atau slave keterangan bias dilihat di body CD/DVD drive

c. Periksa seting BIOS apakah posisi Primary dan secondary, semua diset Auto

2. Bersihkan optiknya menggunakan alcohol

Langkah ini dilakukan jika CD drive Tidak Bisa Baca CD, Bisa Baca Tapi Pilih-Pilih CD (Hanya CD yang Original / yang Masih Bagus yang Bisa Dibaca)

Bongkar semua mekanik CD-RW dan bersihkan

a. Bongkar semua bagian mekanik dan bagian elektronik CD-RW, lalu bersihkan dengan kuas
 
b. Lepas tutup body depan, Sebagian CD Drive dibagian samping ada penguncinya, buka tempat CD secara manual (tusuk lubang kecil di atas volume dengan jarum, disini penulis menggunakan pinsheet untuk menusuknya) hingga keluar sedikit lalu tarik dan lepas penutupnya.

c. Lepas tutup body atas dan bersihkan
  

d. Lepas board CD-RW dari body: lepas semua kabel penghubung antara board dan optik serta kabel elastis, hati-hati jangan sampai putus, lalu bersihkan.

e. Bersihkan optic, gunakan kapas (penulis menggunakan cotton buds) + alkohol kemudian oles di bagian optik pelan-pelan, tunggu hingga kering.

f. Setelah optik dibersihkan, keringkan terlebih dahulu, kemudian pasang kembali board ke body dan kabel penghubungnya, tutup kembali body CD/DVD drivenya lalu coba. Untuk pemasangan tempat CD ada yang perlu diperhatikan: yaitu mekanik pengait optik dan pengait body harus sejajar.


3. Jika sudah melakukan langkah ke dua, tetapi CD/DVD drive tidak bekerja dengan baik
Buka kembali semua tutup body, kemudian putar trimmer kearah 45(dikencangkan). Disini gunakan obeng ukuran kecil, karena ukuran trimmer ini juga kecil. Jika sudah melakukan langkah tersebut, tetapi CD-RW hanya bisa membaca dan tidak bisa menulis, putar kembali trimmer ke arah 45selanjutnya. Jika masih juga bermaslah putar sampai dengan 1 putaran penuh.

Troubleshooting:
  1. Jika langkah di atas masih error, maka cobalah ganti kabel elastis penghubung board dan optik dengan yang baru
  2. Jika masih tidak bisa, ganti board CD-RW dengan yang baru (bertipe sama)
  3. Jika masih error berarti kemungkinan besar optik sudah rusak.





SELANJUTNYA  NYUSUL GAN ... :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar